Pilkada Diperkirakan Telan Anggaran Rp 72 Miliar

Pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Jember dipastikan akan menelan biaya cukup besar, yakni sekitar Rp 72 miliar. Kebutuhan biaya terbesar untuk pembuatan bahan kampanye dan honor penyelenggara.

Menurut komisioner KPU Kabupaten Jember, Ahmad Hanafi, besarnya biaya pilkada tersebut disebabkan karena aturan yang mengharuskan bahan kampanye pasangan calon dibebankan kepada KPU. Setelah dihitung, lanjut dia, untuk pengadaan bahan kampanye saja dipastikan akan menelan biaya hingga Rp 24 miliar. Angka tersebut hampir menyamai anggaran gaji penyelenggara yang mencapai Rp 26 miliar.

Untuk pengadaan bahan kampanye, lanjut Hanafi, KPU mengasumsikan akan muncul empat pasangan calon yang akan bertarung nantinya. Jika nanti pada saat pelaksanaan ternyata jumlah pasangan calon tidak sampai 4 orang, secara otomatis akan terjadi efisiensi dan dikembalikan ke kas daerah.

Seperti diketahui, KPU Jember sejak awal sudah memprediksi anggaran untuk pilkada mengalami pembengkakan. Membengkaknya anggaran itu setelah turunnya Peraturan Komisi pemilihan Umum (PKPU) yang menyatakan seluruh bahan kampanye pasangan calon ditanggung oleh penyelanggara. (Win)

(487 views)