Lima Tahanan Lapas Positif Mengkonsumsi Narkoba

Jember Hari Ini – Lima tahanan Lapas Jember dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba. Kelimanya kemudian menjalani sanksi dari Lapas, yakni  ditempatkan dalam sel khusus.

Menurut Kepala Badan Narkotika Kabupaten Jember, Teduh TSW, pemeriksaan urin kepada narapidana dan tahanan Lapas Kelas IIA Jember, merupakan kelanjutan dari razia hari Rabu (15/4/2015) pekan lalu. Badan Narkotika Kabupaten Jember memeriksa 30 orang tahanan yang dicurigai sebagai pengkonsumi narkoba. Hasilnya, 5 orang diantaranya dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba. Satu dari 5 orang yang dinyatakan positif merupakan narapidana dalam kasus pidana umum, sisanya merupakan narapidana kasus narkoba. Kelima orang tersebut langsung mendapat  sanksi dari Lapas, ditempatkan dalam sel khusus.

Teduh juga menambahkan, hari ini pihaknya juga melakukan tes urin terhadap 78 petugas Lapas Jember, tak terkecuali Kepala Lapas. Namun, hasilnya semua dinyatakan nigatif. Menurut Teduh, kegiatan tersebut dilakukan secara berkala dan tanpa pemberitahun terlebih dahulu. Selain Lapas, pihaknya juga akan mendatangi instansi-instansi lain yang rentan terhadap peredaran narkoba.

Diberitakan sebelumnya, Polres Jember, Kodim Jember, bersama Lapas Jember, melakukan razia dalam ruangan tahanan Lapas Jember. Bahkan, Kepala Lapas Kelas IIA Jember, Tejo Herwanto, saat itu akan memberikan sanksi yang tegas berupa penempatan dalam sel khusus, juga tidak akan diberi remisi atau potongan tahanan. (Hafit)

(488 views)