Jika Tidak Segera Diperluas, Umur TPA Pakusari Hanya Bertahan 1 Tahun

Jember Hari Ini – Jika tidak segera mengalami perluasan, maka umur Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kecamatan Pakusari diperkirakan hanya akan bertahan selama satu tahun kedepan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Merwin Lusiani.

Menurut Merwin, sebenarnya pihaknya sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk perluasan TPA. Dengan anggaran sebesar itu, TPA Pakusari akan bertambah seluas 5 hektar. Hanya saja, lanjut dia, proses perluasan lahan tersebut masih terkendala dengan proses administrasi yang cukup panjang. Saat ini, proses perluasan TPA itu sudah ada di Bagian Tata Pemerintahan.

Merwin menambahkan, untuk memperpanjang umur TPA Pakusari, pihaknya menggandeng RT dan RW untuk memilah sampah kering dan sampah basah. Sebab, daya tampung sampah di TPA Pakusari mencapai 750 meter kubik per hari.

Diberitakan sebelumnya, dalam rekomendasinya, DPRD Jember meminta kepada Pemkab Jember untuk segera mempercepat pengadaan tanah sebagai perluasan dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kecamatan Pakusari. Sebab, di tahun 2014 lalu, TPA tersebut hanya bisa menampung sampah sebanyak 1.094 meter kubik. Padahal, timbunan sampahnya mencapai 1468 meter kubik, akibatnya, sebanyak 374 meter kubik sampah tidak terlayani. (Win)

(410 views)