Peserta UN SMA Panik Saat Kerjakan Naskah Ujian Listening Bahasa Inggris

Jember Hari Ini – Seluruh siswa peserta Ujian Nasional SMA dan sederajat panik saat mengerjakan naskah ujian listening bahasa Inggris. Sebanyak 15 pertanyaan yang disampaikan melalui audio itu bermasalah, karena tidak ada pilihan jawaban yang sesuai. Para siswa kebingungan, karena khawatir berpengaruh terhadap nilai Ujian Nasional, karena tidak bisa menjawab 15 pertanyaan tersebut.

Seperti pengakuan salah seorang siswa SMK Negeri 2 Jember, Praditya. Siswa akhirnya sedikit lega setelah pengawas menyarankan mengosongkan jawaban pertanyaan yang bermasalah itu.

Ketua Sub Rayon SMK Negeri 3 Jember, Suprihartono, mengatakan, banyak siswa komplain kepada pengawas ruangan karena materi listening yang diperdengarkan kepada siswa, ternyata berbeda dengan lembar soal yang diberikan. Kejadian itu menurut Supri, terjadi hampir di seluruh ruangan ujian. Saat itu pihaknya langsung melakukan kroscek dan memang ternyata terjadi kesalahan pada soal dan audio. Seketika itu lanjut dia, temuan itu langsung dilaporkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, dan diperintahkan untuk menuliskannya di berita acara. Dalam materi ujian listening bahasa Inggris tersebut, siswa hanya mendengarkan pertanyaan melalui audio, kemudian memilih jawabannya sesuai lembar jawaban yang tersedia.

Sementara itu, Kepala Bidang SMP, SMA, dan SMK Dinas Pendidikan Jember, Tatang Prianggono, kepada Prosalina FM menyatakan jika itu adalah masalah nasional. Oleh karena itu, ia langsung menginstruksikan kepada seluruh sekolah penyelenggara Ujian Nasional, agar membuat berita acara terkait temuan adanya masalah tersebut. Seluruh siswa peserta Ujian Nasional diminta mengosongkan dan tidak menjawab 15 pertanyaan yang tidak sesuai dengan lembar jawaban yang tersedia. (Fathul)

(538 views)