Pemkab Diminta Bentuk Satgas Perlindungan Anak Sampai Tingkat RT

Jember Hari Ini – Psikolog anak, Seto Mulyadi, atau yang akrab disapa Kak Seto, mendorong seluruh kabupaten kota se-Indonesia, memiliki Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Anak hingga ke tingkatan ke RT dan RW.

Usai menghadiri acara Parents Gathering Gerakan Pramukan Jawa Timur di Gedung Olahraga Kaliwates, Senin siang, Kak Seto mengatakan, saat ini anak-anak sangat rentan mengalami kekerasan di lingkungannya. Kekerasan itu, kata Kak Seto, juga sering terjadi di lingkungan keluarga, misalkan dibentak oleh orang tua hingga dipukul, sehingga hal itu berdampak terhadap kondisi psikologis anak. Akhirnya, lanjut mantan, Ketua Komnas Perlindungan Anak ini, anak akan merasa tidak nyaman di dalam keluarga, sehingga pada akhirnya akan salah memilih pergaulan. Untuk itu, Satgas Perlindungan Anak ini akan bertugas untuk mengingatkan kepada orang tua dan masyarakat, agar menciptakan suasana nyaman bagi anak- anak.

Saat ini, Kak Seto terus mengkampanyekan pembentukan Satgas tersebut kepada pemerintah kabupaten kota. Dia berharap, Kabupaten Jember akan menjadi kabupaten pertama di Jawa Timur yang memiliki Satgas tersebut. (Win)

(528 views)