April Ini, Bulog Sub Divre Jember Baru Bisa Beli Gabah dan Beras Petani

Jember Hari Ini – Bulog Sub Divre Jember baru bisa membeli gabah petani sesuai Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yang baru, mulai April ini. Bulan Maret lalu, menurut Wakil Kepala Bulog Sub Divre 11 Jember, Rachmawati, pihaknya belum melakukan pembelian karena realisasi dananya baru cair bulan April. Hingga saat ini, Bulog Jember sudah merealisasi pembelian gabah petani sebanyak 155 ton saja.

Diberitakan Prosalina FM sebelumnya, meski Harga Pembelian Pemerintah (HPP) naik, namun harga pembelian gabah petani di awal musim panen raya ini anjlok dibawah HPP tahun lalu.

Di daerah Jember Selatan yang memasuki musim panen raya padi, harga pembelian gabah oleh para tengkulak langsung di sawah seharga antara Rp 3.500 hingga Rp 3.600 per kilogram. Padahal, HPP gabah kering sawah sekarang adalah Rp 3.700 per kilogram. Sementara harga gabah pada pertengahan bulan lalu bisa diatas Rp 4.000 per kilogram.

HPP Gabah Kering Panen (GKP) di tingkat petani adalah Rp 3.700 per kilogram. Sedangkan harga Gabah Kering Giling di tingkat penggilingan Rp 4.600 dan Rp 4.650 di gudang Bulog. (Fathul)

(552 views)