Buku Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Juga Disusupi Isu SARA

Jember Hari Ini – Mata pelajaran Kurikulum 2013 yang disusupi ajaran bernuansa SARA juga terjadi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di sekolah madrasah.

Menurut Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Jember, Muhammad Mahfudz, mata pelajaran yang bernuansa SARA terjadi pada Madrasah Tsanawiyah (MTs). Namun, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jawa Timur sudah menarik peredaran buku yang meresahkan tersebut. Penarikan buku SKI itu terjadi sekitar akhir tahun lalu.

Sayangnya Mahfudz tidak merinci buku kelas berapa yang ditarik, yang jelas dalam buku itu terlalu mempersoalkan paham mayoritas umat Islam di Indonesia. Saat ini buku tersebut sudah tidak digunakan lagi, karena diganti dengan buku SKI  kurikulum yang lama.

Sementara dalam sejumlah media massa, Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifudin, juga menerima laporan bahwa buku Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk SKI kelas 10 Madrasah Aliyah (MA),  isinya menghina sahabat nabi Muhammad. Karena itu, Kementerian Agama membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk meneliti mengapa buku-buku tersebut bisa beredar.

Sebelumnya, buku pelajaran kelas 11 SMA dan SMK juga dinilai mengandung SARA, sehingga Dinas Pendidikan Jember sudah memerintahkan kepada sekolah-sekolah untuk tidak menyampaikannya kepada siswa. (Hafit)

(535 views)