Atasi Lemahnya Nilai Tukar Rupiah, BI Diminta Ambil Langkah Strategis

Jember Hari Ini – Pengamat ekonomi Universitas Jember, Aditya Wardhono, menyatakan Bank Indonesia harus segera melakukan sinergi dengan sejumlah pihak, untuk mengatasi melemahnya nilai tukar rupiah. Melemahnya nilai tukar rupiah yang terjadi selama 4 kuartal itu bukan persoalan sederhana untuk meningkatkan nilai mata uang rupiah.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat karena kondisi perekonomian di negeri Paman Sam itu terus membaik dan Indonesia mempunyai peran untuk meningkatkan nilai tukar rupiah. Oleh karena itu, Bank Indonesia memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, dengan langkah kongkrit bersama pemerintah dan bersinergi dengan instansi terkait lainnya.

Aditya Wardhono menyatakan, Bank Indonesia tidak boleh melakukan pembiaran terhadap merosotnya nilai tukar rupiah diatas Rp 13 ribu karena akan berdampak sistemik bagi perekonomian Indonesia. Bank Indonesia juga harus mampu mengimplementasikan kebijakan yang tidak hanya berdampak pada inflasi, tetapi juga harus melakukan upaya persuasif terhadap pelaku bisnis, dan memastikan pasar dengan bantuan sejumlah pihak. (Fathul)

(404 views)