Jumlah Penderita TBC di Jember Lebih dari 2.000 Orang

Jember Hari Ini – Jumlah penderita Tuberculosis (TBC) di Kabupaten Jember lebih dari 2.000 orang dan merata di 31 kecamatan. Tahun ini, 7 orang diantaranya meninggal dunia akibat TBC. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Pasuruan.

Menurut Kepala Bidang Promosi dan Humas Dinas Kesehatan Jember, Yumarlis, penderita TBC menyerang warga miskin yang ada di Kecamatan Sumberjambe dan Jelbuk, serta di kecamatan sepanjang lereng Argopuro. Saat ini, 80 persen penderita sudah tertangani karena minum obat secara rutin. Sedangkan sisanya putus berobat karena berbagai faktor.

Dinas Kesehatan sebenarnya menyediakan obat gratis bagi penderita TBC. Jika ingin sembuh, mereka harus mengkonsumsi obat secara rutin selama 6 bulan. Yumarlis menjelaskan, penderita harus rutin mengonsumsi obat. Jika tidak, maka ia akan menjadi kebal terhadap obat tersebut. Biaya pengobatan penderita TBC sekitar Rp 1,5 juta per orang. Namun, jika penderita sudah kebal, maka biaya yang dibutuhkan mencapai Rp 150 juta.

Melalui momentum peringatan Hari TBC Sedunia yang diperingati setiap 24 Maret, Yumarlis mengimbau kepada keluarga penderita TBC untuk mendampingi pasien TBC patuh berobat, sehingga bisa sembuh total.(Hafit)

(368 views)