Penerima Iuran BPJS Kesehatan Gratis Harus Lapor ke Pemdes atau Puskesmas

Jember Hari Ini – Dinas Kesehatan Jember menghimbau seluruh warga tidak mampu, melapor ke pemerintah desa atau puskesmas untuk didata sebagai calon penerima iuran BPJS Kesehatan gratis dari Pemkab Jember.

Himbauan itu disampaikan Kepala Humas Dinas Kesehatan, Yumarlis, menyusul dimulainya pendataan penerima dana bantuan jaminan kesehatan non-kuota Jamkesmas tersebut.

Yumarlis menerangkan, tahun ini APBD Jember mengalokasikan Rp 10 miliar untuk menjamin iuaran BPJS Kesehatan warga miskin. Jika dihitung, dana Rp 10 miliar tersebut hanya mampu menampung sekitar Rp 50 ribu warga. Jika dibagi rata, maka setiap desa di Jember hanya ada 200 warga miskin yang bisa masuk data.

Sebenarnya, pendataan warga miskin penerima iuran BPJS Kesehatan merupakan kewenangan Dinas Sosial. Namun, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan tetap saling berkoordinasi. Apalagi, data awal yang dipakai sebagai acuan adalah data-data penerima dana SPM yang ada di Dinas Kesehatan. Namun demikian, mereka yang melapor ke pemerintah desa atau puskesmas, tetap akan diverifikasi apakah layak menerima dana bantuan itu atau tidak. (Ely)

(570 views)