Harga Bawang Merah di Jember Mulai Naik Hingga 40 Persen

Jember Hari Ini – Harga komoditas bawang merah di Jember mulai merangkak naik hingga 40 persen. Harga bawang merah biasa yang sebelumnya Rp 16 ribu, sekarang naik menjadi Rp 26 ribu per kilogramnya. Sedangkan harga bawang merah kualitas bagus, dari harga normal Rp 26 ribu, sekarang naik menjadi Rp 36 ribu per kilogram.

Menurut salah seorang pedagang, Katiyem, kenaikan harga bawang merah itu terjadi sejak beberapa hari lalu, karena stok persediaan di sejumlah daerah sudah menipis. Pasokan yang biasanya berasal dari Probolinggo dan Brebes, kini sangat terbatas karena banyak petani di kedua daerah itu yang mengalami gagal panen. Sejumlah pedagang bawang merah di Jember terpaksa mencari pasokan dari daerah lain, seperti Malang dan Nusa Tenggara Barat.

Pedagang lainnya, Munir, mengakui pendapatannya menurun karena konsumen juga mengurangi pembeliannya, dari 1 kilogram menjadi setengah kilogram saja.

Informasi yang dihimpun Prosalina FM menyebutkan, selain konsumen langsung, sejumlah pemilik warung dan depot yang sebelumnya membeli bawang merah super sekarang beralih membeli bawang merah biasa.(Fathul)

(367 views)