Banjir di Kota Jember Robohkan Tembok Gedung Bakesbangpol

Banjir yang terjadi Jumat (6/3/2015) sore kemarin, tidak hanya merendam ruas jalan dan perumahan di kawasan kota, namun juga merobohkan tembok gedung Bakesbangpol Jember. Akibatnya, air meluber sekitar 1 meter ke dalam ruangan kantor. Pantauan Prosalina FM di Kantor Bakesbangpol, semua alat elektronik terendam dan meja kantor banyak yang terbalik.

 

Menurut salah seorang staf Bakesbangpol, Sumadi, ketinggian air rata-rata di atas meja sehingga tidak ada berkas administrasi dan alat elektronik yang tidak terendam. Sebetulnya sejumlah pegawai sudah beruha menyelamatkan barang-barang itu, namun tidak berhasil karena derasnya air yang masuk ruangan. Bahkan, ada sejumlah meja yang terseret air ke luar ruangan. Sementara air yang melewati Kantor Bakesbangpol juga meluncur deras ke arah perumahan Perumahan Jember Permai 2.

 

Menurut  salah seorang warga yang melintas di kawasan Perumahan tersebut, Didung, ketinggian air di Perumahan Jember Permai 2 mencapai  hingga 1,5 meter. Akibat luapan sungai di belakang perumahan yang tidak mampu menampung air hujan yang cukup deras. Derasnya banjir membuat tembok yang mengelilingi perumahan roboh, sehingga luapan air sungai langsung meluber ke kawasan perumahan setempat.

 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo, mengatakan, sebanyak 140 rumah di berbagai perumahan terendam banjir dengan ketinggian sampai 1 meter. BPBD terus mendata rumah warga yang terendam dan mengevakuasi warga yang terjebak banjir di dalam rumah. (Hafit)

(406 views)