Usulan PAW Sukarso Sudah Masuk KPU

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember sudah ,menerima surat tembusan usulan pergantian antar waktu, yang disampaikan oleh pengurus DPC PPP jember. Dalam surat tersebut DPC PPP mengusulkan legislatornya yang bernama sukarso, diberhentikan sebagai Anggota Dprd Jember karena diduga terlibat kasus korupsi.

Ketua Kpu Kabupaten Jember Ahmad Anis ketika dikonfirmasi senin, membenarkan dirinya sudah menerima surat usulan pergantian antar waktu tersebut. tetapi menurut anis, surat tersbeut hanya merupakan tembusan, atas urat yang dikirim oleh dpc PPP kepada dprd jember. sehingga untuk menindaklanjutinya, kpu masih menunggu surat resmi dari dprd jember.

Dalam surat tersebut lanjut anis, DPC PPP jember bukan hanya mengusulkan pergantian antar waktu terhadap sukarso, tetapi juga mengusulkan Ketua DPC PPP jember Sunardi sebagai penggantinya. meskipun sebenarnya dalam pileg lalu, sukarso dan sunardi berbeda daerah pemilihan.

Pergantian seperti ini menurut anis memang memungkinkan, sepanjang memenuhi syarat-syarat yang diatur dalam undang-undang. namun sejauh mana syarat tersebut bisa terpenuhi, kpu akan meminta penjelasan resmi dari DPC PPP. jika ketua DPC PPP mampu memberikan argumen ang masuk akal, pergantian lain dapil bisa dilakukan.

Sebelumnya legislator PPP jember sukarso diduga kuat terlibat kasus dugaan korupsi alokasi dana desa, ketika dirinya masih menjabat sebagai kepala desa arjasa. bahkan sebelum pelantikan anggota dewan terpilih, jaksa penuntut umum menjebloskan sukarso dalam sel tahanan.

(533 views)