Karyawan Bukan Penyebab Ambruknya PDP

Alasan over karyawan sebagai penyebab bangkrutnya pdp, dinilai tidak rasional. sebab setelah melihat laporan hasil pemeriksaan BPK, jumlah karyawan pdp hanya sekitar 800 orang. Jumlah karyawan melonjak menjadi ribuan, hanya ketika musim panen. itupun status mereka bukan karyawan tetap, tetapi pekerja borongan.

Wakil Ketua DPRD Jember Ayub Junaedi menjelaskan, dprd jember sudah mendapatkan hasil laporan bpk. setelah dipelajari, ternyata memang jumlah karyawan bukan penyebab ambruknya perusahaan daerah tersebut. tetapi lebih karena pengelolaan yang tidak profesional.

Seharusnya manajemen PDP tidak selalu meng-kambing hitamkan karyawan, karena dalam sejarahnya, pdp didirikan untuk menampung tenaga kerja. yang terpenting menurut ayub sekarang, pemerintah daerah dalam hal ini bupati, harus segera mengambil langkah untuk menyelamatkan pdp, salah satunya dengan perombakan manajemen.

Lebih jauh Ayub menjelaskan, dalam LHP BPK disebutkan, pdp kurang optimal dalam meningkatkan pendapatan. selain itu pdp juga dinilai tidak memiliki pola pengelolaan tanaman yang kongkrit dan sistematis. belum lagi adanya potensi piutang kepada PT NML yang tidak bisa tertagih.

(522 views)