Dul Ingin Lepas Dari Bayang Bayang Ahmad Dhani & Maia Estianty Lewat BACKDOOR

15zs9pxBackdoor muncul saat awal-awal Dul pengen bekerja & menjalankan hidup dengan band-nya, yang aslinya pengen kerja diem-diem & full independent sampai sukses, makanya Dul & friends lewat jalan belakang. Dari situlah muncul nama Backdoor. Backdoor muncul dari sosok Dul yang notabene sebagai pendiri band ini & disepakati oleh seluruh personil yang pada awal terbentuknya terdiri Dul (bass), Vicky (drum), Emyr (gitar) & Rifo (gitar). Tapi seiring berjalannya waktu, karena kesibukan study Emyr & Rifo mundur dari Backdoor. Sempat bongkar pasang personil, akhirnya Dul menemukan Rifat yang akhirnya berdua Dul menggawangi Backdoor di posisi gitaris hingga saat ini.

Untuk seorang Dul, bernyanyi & bermain gitar bisa menjadi media meluapkan energy positif. Karena jika hanya bernyanyi saja atau hanya sekedar bermain musik, akan kurang lengkap & terasa hampa. Walopun beberapa alat musik dikuasai Dul seperti gitar, piano, drum namun di Backdoor ini Dul lebih fokus bermain gitar karena berkiblat pada idola-idola Dul, John Lennon & Kurt Cobain.

Specifik kiblat musik Backdoor ke aliran grunge, yang lebih luasnya adalah rock alternative, seperti di album Sip Sip Sip yang berisi 5 lagu, dengan single hits HIDUP TANPAMU. Single ini dipilih sebagai jagoan karena lebih mengutamakan pangsa pasar, yang mana di Indonesia tema cinta masih lebih mudah untuk diterima. Hanya saja tema cinta yang ditawarkan Backdoor bukanlah kegalauan, namun cinta yang universal, cinta untuk sesama, orangtua, sahabat bahkan peliharaan kita. Intinya cinta yang available untuk sesama.

5 lagu yang tertuang di album Sip Sip Sip adalah hasil kreatifitas Dul. Namun yang sangat menggambarkan sisi seniman seorang Abdul Qodir Jaelani justru bukanlah yang dijadikan single andalan. Menurut Dul lirik-lirik yang dibuat dari sisi hati yang terdalam adalah Bodo Amat, Budak Uang, Buang Aku & Biarkan.

Album ini bisa dibilang proses produksinya cukup panjang, karena Dul mulai menulis lirik beberapa lagu dari awal kelas 6 SD atau sekitar 2 tahun yang lalu, dimana Dul belum mengenal mayor minor. Sedangkan Biarkan merupakan hasil ngejam bersama Backdoor saat Dul baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 13 tahun.

Ingin lepas dari bayang-bayang Ahmad Dhani & Maia Estianty, Dul & Backdoor mempunyai harapan besar di album Sip Sip Sip, dengan mengusung aliran rock alternative, diharapkan masyarakat bisa menikmati aliran musik yang berbeda & menambah wawasan (tidak mentok pada aliran musik pop & dangdut).

Belum terlambat kalo saat ini penikmat musik Indonesia mulai melirik aliran grunge….

 

(4.603 views)