Agen Elpigi 3 Kilogram Dilarang Buka Pangkalan Baru

Agen elpiji khususnya ukuran 3 kilogram dilarang membuka pangkalan baru. hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya lonjakan permintaan, karena elpiji 3 kilogram merupakan elpiji bersubsidi. Demikian Disampaikan Ketua Hiswana Migas Wilayah Eks Karesidenan Besuki Beni Satria.

Menurut Beni, pertamina sudah mengirimkan surat edaran kepada agen-agen elpiji 3 kilogram, agar tidak membuka pangkalan-pangkalan baru. jika ditemukan ada agen yang nekat membuka pangkalan baru, dipastikan pertamina akan menjatuhkan sangsi.

Bahkan Hiswana Migas menggandeng Polres Jember, karena bagi agen yang melanggar bisa dikenai sangsi pidana. logikanya lanjut beni, ketika dibuka pangkalan baru, jelas konsumen mereka adalah pindahan dari konsumen elpiji 12 kilogram, yang tidak seharusnya mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Lebih jauh beni menjelaskan, ketika pertama kali pemerintah melakukan konversi gas, masyarakat yang berpenghasilan di bawah 2 juta rupiah perbulan mendapat tabung gas dan kompos gratis. namun tidak sedikit masyarakat yang kemudian menjual tabung dan kompos gas miliknya.

Padahal lanjut beni, pemberian tabung dan kompor gratis ini bertujuan untuk memilah, mana masyarakat yang berhak mendapatkan subsidi dan mana yang tidak. sehingga seharusnya saat ini bagi masyarakat yang tidak berhak mendapatkan subsidi, tetap menjadi konsumen elpiji 12 kilogram.

(414 views)