Tiga SMK Negeri Jember Jalin Kerjasama Dengan Kementrian Pendidikan Thailand

Tiga Sekolah Menengah Kejuruan Jember, SMKN 1, 2, dan SMKN 1 Sukorambi, menandatangani kerjasama dengan Kementrian Pendidikan Thailand.

Kepala Dinas Pendidikan Jember, Bambang Hariyono mengatakan, kerjasama ini diharapkan akan menimbulkan jiwa entrepreneur bagi guru dan siswa. Apalagi pada Tahun 2015 mendatang, masyarakat akan dihadapkan dengan perdagangan bebas di wilayah asia.

Dengan kerjasama ini lanjut Bambang, perwakilan guru dan siswa, akan dikirim ke thailand untuk praktik magang, selama kurang lebih tiga bulan. Mereka yang telah magang di thailand, ketika tiba di jember, harus mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

Ketika disinggung soal berapa siswa dan guru yang akan dikirim, Menurut Bambang, akan disesuaikan denga kekuatan APBD Jember. Namun pada prinsipnya, dinas pendidikan akan mengapresiasi kerjasama itu.

Sementara Itu, Perwakilan Kementrian Pendidikan Thailand, Liek Suwantada mengatakan, kerjasama ini merupakan sejarah baru dengan Dunia Pendidikan Indonesia. Sebab sebelumnya, Thailand telah bekerjasa dengan negara lain, seperti Kamboja dan Vietnam. Di Thailand lanjut Suwantada, ada sekitar 20 sekolah yang telah melakukan kerjasama, dengan dunia internasional.

(589 views)
Tag: