Untuk Dapatkan Kapal, Per Imigran Harus Keluarkan Uang Rp 36 Juta

Imigran gelap asal Timur Tengah yang menjadi korban kapal tenggelam di Perairan Prigi Trenggalek, mengaku berhasil mendapatkan kapal setelah mengeluarkan uang sebesar 4 ribu dolar amerika atau sekitar Rp 36 Juta per orang. Sebagaimana diungkapkan Mohammad Mehdi Muntaziri, salah satu imigran yang mengaku dari Afghanistan.

Kepada sejumlah wartawan, Mehdi mengaku, awalnya ia dan rekan-rekannya berangkat dari Malaysia menuju Pontianak. Dari Pontianak mereka melanjutkan perjalanan ke Jakarta dengan menggunakan kapal.

Setibanya di Jakarta lanjut Mehdi, ia dan seluruh imigran berangkat ke Surabaya dengan menggunakan bus. Di Surabaya ia mendapat sebuah kapal, yang kemudian digunakan untuk menuju Australia.

Kapasitas kapal tersebut menurut Mehdi hanya untuk 50 orang, namun diisi dengan 240 orang imigran. Di tengah perjalanan kapal dihantam ombak yang cukup besar, hingga akhirnya tenggelam.

Lebih lanjut Mehdi menjelaskan, saat itu ia dan imigran lainnya terpisah. Ia mengaku berada di tengah laut selama 3 hari 4 malam dengan kondisi yang memprihatinkan. Karena tidak ada makanan yang bisa dimakan.

(2.588 views)
Tag: