Tuntut Dua Direktur Dicopot, 4 Ribu Buruh PDP Mogok Kerja

Empat Ribu Buruh Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) yang tersebar di enam kebun yakni Sumber Wadung, Kali Mrawan, Gunung Pasang, Ketajek, Sumber Pandan Dan Sumber Tenggulun, hari ini mogok kerja. Bahkan perwakilan ratusan buruh berunjuk rasa di Kantor PDP, dilanjutkan ke Pemkab Jember dan berakhir di Gedung DPRD Jember.

Seperti aksi sebelumnya, mereka mendesak agar dua Direktur PDP, Sudarisman dan Handoyo dicopot dari jabatannya. Keduanya dinilai tidak pro terhadap perkembangan PDP.

Saat di Gedung DPRD Jember, terjadi aksi Walk Out oleh perwakilan massa. Mereka kecewa lantaran tak ditemui oleh Pimpinan DPRD Jember. Saat itu perwakilan massa akan ditemui Ketua Komisi D DPRD Jember, Ayub Junaidi dan Kabag Ekonomi Pemkab Jember yang juga Anggota Banwas PDP.

Ketua Forum Pekerja Antar Kebun Wagirin menilai selama ini jawaban yang diberikan oleh Pj maupun DPRD Jember hanya berlindung kepada undang- undang. Dimana keterbatasan kebijakan selalu menjadi alas an. Padahal jelas- jelas kata dia, seluruh buruh PDP menginginkan akan sudarisman dan handoyo segera dicopot.

Sementara Ketua Komisi D DPRD Jember Ayub Junaidi mengatakan, sebenarnya dprd jember telah menampung asirasi para buruh. Bahkan beberapa waktu lalu, aspirasi buruh yang diterima Wakil Ketua DPRD Jember Miftahul Ulum telah disampaikan kepada Penjabat Bupati Jember.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Badan Pengawas PDP Jember yang juga Sekretaris Daerah Sugiarto, mengaku akan membentuk tim khusus terkait polemik PDP. Mantan Kepala BKD itu menegaskan tidak serta merta tuntutan karyawan dan buruh untuk mencopot dua direktur langsung dikabulkan sebab ada mekanisme dan aturan untuk melakukan pencopototan.

(841 views)
Tags: