Banleg Akan Susun Raperda Pengelolaan Sampah

Badan Legislasi DPRD Jember berencana akan menerbitkan raperda tentang sampah di Kabupaten Jember. Demikian Disampaikan Ketua Badan Legislasi DPRD Jember, Lukman Winarno.

Kepada sejumlah wartawan, Lukman menjelaskan, sejauh ini sampah di TPA Pakusari belum dikelola secara maksimal. Ini bisa dilihat dari beberapa indicator, seperti belum adanya proses sertifikasi kelayakan hasil pengelolaan sampah untuk pupuk tanaman.

Kemudian kata Lukman, proses evaluasi dan intervensi dari pemerintah daerah masih sangat minim. Padahal, jika sampah di TPA Pakusari dikelola secara maksimal, akan berdampak kepada peningkatan PAD Jember.

Lebih jauh Lukman menerangkan, berdasarkan informasi yang diterimanya, beban sampah di TPA Pakusari hanya 35 persen yang terolah, sedangkan 35 persen tidak terolah dan akhirnya menumpuk. Kemudian sisanya sebanyak 30 persen ternyata mengendap di sepanjang aliran sungai.

Untuk itu kata Lukman, dalam raperda sampah, DPRD Jember akan mengatur seperti apa pengelolaan sampah, termasuk sanksi yang akan diberikan bagi mereka yang membuang sampah sembarangan tempat termasuk di aliran sungai.

(844 views)
Tag: