Dinilai Tidak Berijin Musda PAN Dibubarkan

Sejumlah mahasiswa STAIN memprotes dipakainya fasilitas kampus untuk partai politik. Akibatnya rencana penggunaan aula STAIN untuk acara Musda PAN Jember dibubarkan oleh pihak STAIN dan harus berpindah ke aula yabina. Padahal puluhan spanduk dan baliho sudah terpasang di sekitar kampus STAIN.

Bahrullah korlap aksi Gerakan Mahasiswa Peduli Kampus STAIN mengatakan, sebagai lembaga akademis seharusnya STAIN tidak boleh membuka pintu lebar-lebar kepada partai politik. Sebab dengan memberikan fasilitas kepada partai politik sama artinya STAIN sudah terjebak masuk dalam politik praktis.

Bahrudin menegaskan tidak ada alasan bagi pimpinan STAIN untuk memberikan ijin pelaksanaan musda Partai Amanat Nasional di dalam kampus STAIN. Jika acara tersebut dipaksakan terus dilaksanakan, puluhan aktivis gerakan mahasiswa peduli kampus akan melakukan pembubaran paksa dan penyegelan aula.

Pembantu ketua STAIN bidang administrasi Sofyan Sahuri mengatakan, prinsipnya STAIN membuka diri kepada siapapun, sepanjang tidak mengganggu aktivitas akademis. Karena itu pimpinan STAIN memberikan ijin penggunaan aula kepada PAN Jember, sebab sesuai ijin yang diajukan musda PAN akan dilaksanakan hari Minggu 5 Desember 2010.

Sofyan Sahuri mengaku baru mendengar adanya perubahan jadwal musda PAN di majukan hari Sabtu justru dari media. Karena tidak pernah merasa memberikan ijin penggunaan aula pada hari efektif, Sabtu pagi Sofyan meminta kepada panitia musda untuk membubarkan diri meskipun sudah banyak peserta musda yang mulai berdatangan.

Sementara ketua panitia pelaksana musda Bukhori Ediyanto ketika dikonfirmasi mengatakan, sebenarnya panitia musda PAN telah mengurus semua persyaratan termasuk ijin penggunaan aula dari pihak STAIN. Bukhori mengaku memiliki bukti bahwa perubahan jadwal musda diajukan tanggal 4 Desember. Bahkan ada memo bersetempel resmi dari pihak stain untuk perubahan jadwal tersebut.

Meski memiliki data dan bukti yang lengkap untuk ijin penggunaan aula lanjut Bukhori, ternyata dari hasil diskusi panitia musda tidak mau menanggung resiko musda dihentikan di tengah perjalanan. Sehingga untuk memperlancar jalannya musda, panitia memilih untuk mengalah dan memindah tempat pelaksanaan musda di aula yabina jalan mastrip Jember.

(878 views)
Tag: