Tindaklanjuti Laporan Masyarakat, BK DPRD Jember Minta Masukan Staf Ahli

Badan kehormatan DPRD Jember akan meminta masukan staf ahli DPRD Jember atas beberapa laporan yang masuk secara resmi dari masyarakat beberapa bulan terakhir. Sebab meski menyangkut anggota DPRD Jember, belum tentu persoalan tersebut menjadi kewenangan badan kehormatan.

Salah satu anggota badan kehormatan DPRD Jember Ayub Junaedi mengatakan, pihaknya sejak dua bulan lalau menerima laporan resmi dari masyarakat, terkait persoalan salah satu anggota dewan. Setelah dilakukan pembahasan oleh BK Senin siang, diputuskan akan meminta pendapat staf ahli DPRD terlebih dahulu.

Menurut Ayub badan kehormatan hanya bisa menindak lanjuti pelanggaran kode etik DPRD. Sedangkan laporan masyarakat yang masuk ke BK terjadi saat yang bersangkutan belum menjadi anggota dewan. Karena laporan dari masyarakat masuk secara resmi, BK setelah mendapat masukan daari staf ahli juga akan memberikan jawaban secara resmi.

Lebih jauh Ayub menerangkan, sepintas dirinya melihat persoalan yang dilaporkan oleh masyarakat tentang salah satu anggota dewan ini merupakan persoalan pribadi yang terjadi jauh sebelum yang bersangkutan dilantik sebagai anggota dewan.

Jika masuk persoalan pidana, tentu tidak ada kewenangan bagi BK untuk menindaklanjuti laporan tersebut. Yang bisa dilakukan hanya sebagai mediator antara pelapor dengan terlapor. Setelah mendapat pertimbangan dan masukan dari staf ahli DPRD, BK nanti akan memberikan jawaban atas laporan masyarakat ini secara resmi karena laporan yang masuk juga secara resmi.

(878 views)
Tag: