Deputi Pelayanan Publik Men PAN Minta Masyarakat Ikut Awasi Pelayanan Publik

Wakil deputi pelayanan publik menteri pendayagunaan aparatur negara minta masyarakat ikut serta mengawasi seluruh tempat pelayanan public. Hal ini disampaikan wakil deputi Men PAN Kushardono saat meninjau pelayanan di Satuan Penerbitan Surat Ijin Mengemudi atau Satpas Polres Jember Selasa siang.

Menurut Kushardono, saat ini sering muncul opini di masyarakat bahwa pelayanan prima hanya sebagai konsep dan wacana belaka. Tetapi kenyataannya ditataran pelaksana masih banyak persoalan yang menjadi keluhan masyarakat. Untuk itu Kushardono berkeliling untuk melihat langsung sistem palayanan di Satpas Polres Jember yang telah menerima penghargaan dari Mabes Polri beberapa waktu lalu. Deputi pelayanan publik tidak hanya ingin mendengarkan paparan di tataran konsep dan mekanisme, tetapi melihat langsung dilapangan.

Memang menurut Kushardono setelah melihat langsung di beberapa Satpas di Indonesia, Satpas Polres Jember banyak membuat inovasi-inovasi untuk membantu memudahkan masyarakat. Salah satunya menyediakan bimbingan bagi pemohon yang 3 kali tidak lulus tes. Selain itu Satpas Jember melalui website dan facebook-nya memberikan pelayanan pengisian formulir pengajuan pembuatan SIM. Sehingga pemohon tidak perlu menganti berjam-jam.

Selain memuji inovasi yang telah dilakukan Satpas Jember untuk membantu masyarakat dalam pengurusan SIM, Kushardono juga memuji keterlibatan mahasiswa Universitas Jember yang tergabung dalam mahasiswa respon keselamatan bersama polisi lalu lintas atau marka lintas sebagai partnership polisi lalu lintas.

Menurut Kushardono, di Indonesia keterlibatan mahasiswa sebagai partnership polisi baru ditemui di Jember. Padahal sesuai undang-undang pelayanan public, memang ada keharusan bagi instansi pelayanan publik agar melibatkan masyarakat untuk membuat standart yang jelas. Bukan hanya mahasiswa, Seharusnya ada elemen masyarakat seperti LSM dan juga media massa yang dilibatkan. Kushardono berharap Satpas Jember bisa meningkatkan partnership ini dan bisa menjadi contoh bagi Satpas-Satpas lain di Indonesia.

(1.243 views)
Tag: