KPUD Berharap Calon Bupati Mengurus Sendiri LHKPN Ke KPK

KPUD Jember menyediakan dua jenis blanko laporan harta kekayaan calon bupati. Meski demikian untuk mempersingkat waktu, KPUD berharap calon bupati bisa langsung mengurus sendiri LHKPN ke KPK tanpa melalui KPUD.

Ketua KPUD Jember Catty Tri Setyorini menuturkan, beberapa waktu lalu KPUD Jember sudah berkonsultasi dengan KPK mengenai LHKPN tersebut. Hasilnya KPK memberikan 2 jenis blanko untuk diisi oleh calon bupati, jika akan melaporkan harta kekayaannya melalui KPUD. Blanko pertama untuk calon bupati yang sebelumnya pernah melaporkan harta kekayaannya, dan blanko yang lain untuk calon bupati yang selama ini belum melaporkan harta kekayaannya.

KPK sebenarnya berharap calon bupati langsung mengurus sendiri LHKPN tersebut ke KPK di Jakarta untuk mempersingkat waktu. Sebab jika masih melalui KPUD, ketika ada persyaratan yang kurang KPUD harus kembali lagi menemui calon untuk melengkapinya.

Menurut Catty, tidak ada keharusan LHKPN harus dilampirkan dalam berkas pendaftaran calon bupati yang berakhir tanggal 16 April. Tetapi idealnya sebelum KPUD menetapkan calon bupati sebagai peserta pemilu kada pertengahan Mei mendatang, LHKPN sudah harus ada. Sehingga ketika KPUD menetapkan calon sebagai peserta pemilu, KPUD juga bisa mengumumkan harta kekayaan calon bupati.

(980 views)
Tag: