Kepala Dispendik Tidak Hadir Komisi D Batalkan Hearing

Gara-gara kepala dinas pedidikan tidak hadir, komisi D DPRD Jember membatalkan rencana hearing dengan dinas pendidikan Rabu siang. Hearing tersebut rencananya akan  membahas persiapan dispendik menghadapi ujian nasional.

Anggota komisi D DPRD Jember Hafidi mengatakan, komisi D sangat kecewa dengan ketidakhadiran kepala dinas pendidikan. Sebab sudah menjadi tradisi di komisi D selama ini, hearing tidak akan dilanjutkan ketika kepala dinas yang diundang tidak hadir. Apalagi komisi D menilai agenda hearing saat ini sangat penting dan perlu segera dilakukan.

Jika kemudian yang hadir hanya beberapa kepala bidang seperti saat ini, percuma hearing dilanjutkan. Sebab ketika komisi D akan menanyakan sesuatu yang menyangkut kebijakan, pasti kepala bidang akan menjawab menunggu petunjuk kepala dinas. Apalagi lanjut Hafidi, selain mempertanyakan kesiapan dinas pendidikan menjelang unas, komisi D juga akan menyampaikan beberapa hal terkait hasil kunjunbgan kerja ke departemen pendidikan di Jakarta beberapa waktu lalu. Sehingga dinilai perlu hadirnya kepala dinas.

Diberitakan sebelumnya, saat komisi D melakukan kunjungan kerja ke departemen pendidikan nasional beberapa waktu lalu, diketahui bahwa jadwal ujian nasional tahun ini dimajukan dari jadwal yang ada. Jika biasanya dilakukan sekitar bulan Mei, kali ini dimajukan menjadi bulan Maret.

Pengajuan jadwal unas dilakukan karena sistem unas tahun ini ada sedikit perbedaan dibanding tahun lalu. Jika tahun lalu siswa yang dinyatakan tidak lulus harus mengikuti ujian persaman atau kejar paket, untuk tahun ini siswa diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian ulang. Karena itulah jadwal dimajukan untuk memberikan waktu bagi siswa yang akan mengikuti ujian ulang.

(869 views)