3 Pengurus PCNU Jember Ikut Penjaringan Cabup Melalui PKB

Menjelang detik-detik terakhir batas pengambilan formulir penjaringan bakal calon bupati yang dilakukan desk pilkada DPC PKB Jember, 4 orang bakal calon bupati mendatangi kantor PKB Jember. 3 orang struktural PCNU Jember juga ikut ambil bagian. Diantaranya ketua tanfid Abullah Samsul Arifin, wakil ketua Asmuji dan Agus Lutfi.

Wakil ketua PCNU yang juga direktur politehnik negeri Jember Asmuji saat ditemui usai pengambilan formulir mengatakan, ada beberapa elemen masyaraat khususnya dari warga NU, menginginkan dirinya maju dalam pemilu kada mendatang. Karena itu dirinya memberanikan diri mengambil formulir ke DPC PKB Jember. Mengenai posisi calon bupati atau wakil bupati yang akan diambil, Asmuji masih akan membicarakannya dengan para ulama NU.

Lebih jauh Asmuji menerangkan, dirinya memilih mendaftar melalui PKB karena bagaimanapun tidak bisa dipungkiri, PKB merupakan salah satu bagian dari NU yang juga berjuang untuk kemaslahatan umat melalui jalur partai politik. Meski demikian Asmuji juga akan menggalang dukungan dari partai lain untuk berkoalisi dengan PKB, jika partai tersebut membuka diri untuknya.

Sementara ketua tim desk pilkada DPC PKB Jember Lukman Yasir mengatakan, penjaringan di PKB memang dibuat fleksible, sehingga pendaftar tidak harus mencantumkan akan mendaftar sebagai calon bupati atau wakil bupati. Seperti Asmuji misalnya, masih belum menentukan posisi mana yang akan diambil. Sebab meskipun menyertakan pilihannya, jika dari evaluasi ternyata lebih cook di salah satu posisi, tentu desk pilkada akan mengubahnya tetapi tetap dengan persetujuan yang bersangkutan.

Menurut Lukman, untuk pengembalian formulir memang dibatasi sampai tanggal 25 Januari. Tetapi batas waktu tersebut tidak baku, karena jika masih ada yang perlu dilengkapi, desk pilkada masih memberikan toleransi asal memberikan pemberitahuan sebelumnya. Sebab lanjut Lukman, desk pilkada tidak ingin dinilai membatasi pendaftar tertentu. Semua calon akan diperlakukan sama.

Dari pantauan KISS FM, sampai jam 13.00 desk pilkada DPC PKB Jember mencatat 13 orang pendaftar. Diantaranya Bagong Sutrisnadi, Guntur Ariyadi, Taufik Setyadi dan Fatahillah yang sebelumnya sudah mendaftar melalui democrat. Selain itu juga ada mantan anggota DPR-RI Ali Mudhori, anggota DPR-RI Fadil Muzaki, ketua PCNU Jember Abdullah Samsul Arifin, serta wakil ketua PCNU Asmuji dan Agus Lutfi. Sedangkan yang Sabtu siang sudah mengembalikan formulir baru mantan Dandim Jember Jasmine Senos.

(851 views)
Tag: