DPRD Batal Panggil Eksekutif Terkait Kunjungan Ke Eropa

Dengan alasan tidak adanya keluhan atau pengaduan dari masyarakat, ketua DPRD Jember batal memanggil eksekutif, terkait penggunaan dana untuk kunjungan ke eropa beberapa waktu lalu. Padahal sebelumnya ketua DPRD menyatakan akan memanggil eksekutif untuk menjelaskan pos anggaran yang dipakai untuk ke eropa tersebut.

Ketua DPRD Jember Saptono Yusuf menuturkan, sejauh ini dirinya belum menerima satupun surat pengaduan dari masyarakat. Sementara DPRD sendiri tidak bisa mengada-ada memanggil eksekutif, sebelum adanya permintaan atau dugaan dari masyarakat bahwa dana yang digunakan menyalahi aturan.

Saptono menjelaskan, dirinya pernah menanyakan kepada kepala Disperindag mengenai anggaran yang digunakan. Kepala Disperindag Hariyanto saat itu mengatakan bahwa dana yang dipakai memang sudah dianggarakan di pos anggaran yang dikelola Disperindag, karena ke eropa merupakan kegiatan yang sudah diprogamkan. Sedangkan mengenai ijin dari depdagri sendiri menurut Saptono memang sudah ada.

Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa Ayub Junaedi menyayangkan pernyataan ketua DPRD Jember, yang terkesan terlalu gegabah tersebut. Menurut Ayub seharusnya ketua DPRD sebelum mengeluarkan statement melihat dulu dasar hukumnya. Meski ada beberapa element masyarakat yang mendesak jika dasar hukumnya belum jelas, mestinya tidak perlu mengeluarkan statement.

Diberitakan sebelumnya, ketua DPRD Jember Saptono Yusuf menolak ajakan bupati untuk melakukan kunjungan kerja ke eropa, dengan alasan anggaran yang digunakan masih belum jelas. bahkan Saptono mengatakan sepengetahuannya, depdagri hanya mengeluarkan ijin keluar negeri untuk 4 orang, salah satunya untuk ketua DPRD.

tetapi ternyata dirinya mendapat informasi yang berangkat dari pihak eksekutif sampai 20 orang, termasuk beberapa kepala SKPD yang sebenarnya sama sekali tidak berkaitan dengan urusan pertembakauan. karena itulah Saptono berencana akan memanggil kepala disperindag Hariyanto untuk menjelaskan sumber anggaran yang digunakan untuk perjalanan ke eropa tersebut.

(556 views)
Tags: