Jumlah Investasi Pasar Modal Di Jember Meningkat Tajam

Jumlah transaksi maupun investor pasar modal di kabupaten Jember dalam dua tahun terakhir menunjukkan perkembangan positif. Dibanding tahun 2008 lalu, tahun ini terjadi kenaikan transaksi hingga 113 persen. Sedangkan jumlah investor mengalami kenaikan 23 persen.

Chief Economist Bursa Efek Indonesia Edison Hulu memuji prilaku masyarakat Jember yang sudah mulai memahami keuntungan berinvestasi di sektor pasar modal. Dari data Bursa Efek tahun 2008 lalu, jumlah transaksi di kabupaten Jember hanya sebesar 47 milyar rupiah lebih per bulan. Tetapi tahun ini sudah mencapai 103 milyar rupiah lebih perbulan. Ini artinya jumlah transaksi di kabupaten Jember meningkat 113 persen.

Menurut Edison, tidak salah pihaknya mendirikan pusat informasi pasar modal atau PIPM ke-8 di indonesia di kabupaten Jember setelah Makasar, Pekanbaru, Balikpapan, Palembang, Pekalongan, Manado Dan Padang. Sebab dari pengamatan bursa efek di Jember kultur masyarakatnya cukup progesif dan memiliki banyak uang, hanya saja masih belum banyak tahu cara berinvestasi selain menabung di bank.

Jika masyarakat sudah bisa memahami kekurangan dan kelebihan  berinvestasi di pasar modal seperti obligasi, saham dan reksadana, Edison yakin akan memilik investasi pasar modal dibanding hanya menyimpan uangnya di deposito atau giro di bank komersial. Sebab keuntungan yang diperoleh di pasar modal jauh lebih besar dibanding bunga perbankan.

Sementara salah satu masyarakat Jember yang sejak setahun lalu ikut berinvestasi di pasar modal Yakub Mulyono mengakui, keuntungan berinvestasi di pasar modal jauh lebih besar dibanding bunga bank. Jika bunga perbankan hanya memberikan keuntungan maksimal 7 persen per tahun, di bursa saham nilai investasi bisa bertambah puluhan juta rupiah dalam hitungan jam.

Meski demikian lanjut Yakub, investasi di bursa saham mungkin saja tidak cocok untuk semua orang. Karena itu sebelum memutuskan berinvestasi di pasar modal, masyarakat harus benar-benar memahami kekurangan dan kelebihan masing-masing, sebelum memutuskan jenis investasi pasar modal apa yang akan diambilnya.

(1.254 views)
Tag: