Operasional Lapter Tunggu Tender Operator Pesawat

Setelah sekian lama mangkrak pengoperasian kembali bandara Noto Hadinegoro saat ini hanya tinggal menunggu tender operator pesawat. Sehingga target DPRD untuk operasional bandara pada bulan April dipastikan molor lagi.

Kepala dinas perhubungan Jember Sunarsono menerangkan, sebelum bandara dioperasionalkan harus dilakukan tender untuk operator pesawat. Mengenai apakah sistem sewa atau sistem kerja sama, akan ditentukan saat pendaftaran peserta tender.

Menurut Sunarsono, memang sebelumnya pemkab sudah melakukan survey ke beberapa maskapai. Tetapi karena dalam aturan harus melalui tender, pemkab tidak bisa menentukan maskapai. Hanya saja ada beberapa persyaratan yang diajukan oleh pemkab kepada peserta tender.

Sedangkan persiapan fisik bandara menurut Sunarsono, saat ini sudah dalam kondisi siap 100 pesen. Hanya tehnis operator pesawat yang harus melalui tender inilah yang memperlambat operasional bandara.

Sementara ketua komisi C DPRD Jember Heri Budi Ermawan ketika dikonfirmasi mengatakan, sebelumnya DPD Jember sudah mendesak pemkab untuk mengoperasionalkan kembali bandara, paling lambat awal April 2009. Jika kemudian target waktu ini tidak bisa di penuhi, pemkab harus memberikan penjelasan kepada dewan terkait kendala yang dihadapi.

Heri menjelaskan, untuk tahun anggaran 2009 disedikan anggaran senilai 11 milyar untuk operasional bandara. Operasional bandara lanjut Heri, tidak akan pernah menguntungkan secara financial, karena harus dilakukan subsidi. Tetapi yang diharapkan dengan di operasionalkannya bandara, pembangunan ekonomi masyarakat Jember bekembang pesat.

(734 views)
Tag: