Golkar Prediksi Pemalsuan Data Pemilih Akibatkan Situasi Chaos

surya-palohKetua dewan pembina DPP Partai Golkar Surya Paloh mengingatkan, jika memang terjadi manipulasi data DPT, kehancuran bangsa akan semakin dekat. Situasi kondusif tidak akan mungkin bisa di pertahankan. Ketidak pofesionalan menurut Surya Paloh masih bisa dimengeti. Tetapi jika sudah ada upaya secara sistematik untuk melakukan manipulasi data sangat tidak bisa dimaafkan.

Meski demikian golkar tidak akan ikut-ikutan beberapa partai lain yang mulai membentuk tim investigasi. Golkar masih percaya sepenuhnya kepada penyelenggara negara termasuk aparat penegak hukum.

Sementara ketua DPW Golkar Jawa Timur Sunaryo mengatakan, kesalahan terkait semrawutnya DPT, akibat kesalahan proses sejak awal. Sistem tedahulu menurut Sunaryo sudah sangat baik. Dengan melibatkan RT-RW dalam melakukan pendataan, bisa menghasilkan data pemilih dengan tingkat kesalahan sangat rendah. Tetapi yang terjadi saat ini sistem diubah, bukan menjadi lebih baik tetapi justru semakin buruk.

Dalam kesempatan yang sama Surya Paloh menilai inkonsistensi elite politik di Indonesia semakin memprihatinkan. Salah satu indikatornya, dari pemilu ke pemilu jumlah partai politik di Indonesia semakin banyak. Padahal dengan multi partai, tidak ada mayoritas penentu suara. Sehingga semua progam tinggal omong kosong belaka.

Menurut Surya Paloh, kedepan golkar akan terus menerus memperjuangkan penyederhanaan parti politik, dengan jalan mendorong penyadaran kepada elite politik. Karena hanya dengan kekuatan mayoritas arah perbaikan bangsa bisa di tentukan. Tidak semua monopoli bersifat buruk. Ada kalanya menurut Surya Paloh, dibutuhkan sebuah monopoli untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

Sebelumnya sudah pernah terjadi penyederhanaan partai politik sampai menjadi 3 partai. Idealnya menurut Surya, jika saat ini dilakukan penyederhanaan, 4 partai poltik sudah lebih dari cukup.

Lebih jauh Surya Paloh menerangkan, jika di parlemen ada single mayority bukan berarti terjadi monopoli partai politik. Tetapi lebih kepada hak kepercayaan rakyat. Jika ingin menjadi partai besar, rebutlah kepercayaan rakyat. Hal ini menurut surya meupakan sebuah konsekuensi politik.

(740 views)
Tags: