3 Bacarek Universitas Jember Dinyatakan Lolos, Satu Calon Incumbent

Senat Universitas Jember mengumumkan bakal calon rektor (bacarek) yang masuk 3 besar, usai dilakukan pemilihan pada Kamis 9 November 2023. Ketiga bacarek tersebut antara lain calon incambent, Iwan Taruna, kemudian Sri Hermawati dan Kahar Muzakkar.
      
Ketua Senat Universitas Jember, Andang Subarhariyanto mengatakan, perolehan suara 4 bacarek bersaing ketat, dengan selisih tipis.
 
Pada tahapan penilaian terhadap 5 bacarek yang menyampaikan visi, missi dan program kerja, dilakukan pemungutan suara.
 
Hasilnya ada 4 bacarek, yang memperoleh suara. Yaitu Iwan Taruna memperoleh 24 suara, Sri Jermawati 20 suara, Kahar Muzakkar 20 suara, dan Muhammad Naim 19 suara.
     
Dia menjelaskan total jumlah anggota senat yang hadir sebanyak 83 orang, dari total 84 anggota senat. Jadi hanya satu orang anggota senat, yang tidak hadir, karena masih berada di Australia.
      
Dengan demikian, bacarek yang memperoleh suara tiga besar, berhak maju ke tahapan berikutnya. Sedangkan 2 bacarek lainnya, gugur dengan sendirinya.
      
Andang menambahkan setelah proses pemungutan suara ini, pihaknya akan melaporkan 3 kandidat terpilih ke kemendikbud ristek (kementerian pendidikan, kebudayaan riset dan teknologi).

Tahapan berikutnya adalah pihak kemendikbud ristek, yang melakukan fit and proper test terhadap 3 kandidat tersebut. Kemudian dilakukan pemilihan bersama menteri, paling lambat dilakukan 2 minggu sebelum masa jabatan rektor berakhir, pada Januari 2024.
 
<<<<hafit

(189 views)