Update Kasus TPPO Warga Wuluhan di Rusia, KBRI Sudah Temukan Korban

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Jember menyebut pemerintah akhirnya berhasil menemukan Rahmad Kurniawan Abadi, warga Desa Kepel Kecamatan Wuluhan yang menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Rusia.

Kepala Bidang, Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kesempatan Kerja dan Transmigrasi Disnaker Jember, Iskandarian, mengatakan, korban TPPO kini sudah berada di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow Rusia, sejak Jumat (08/09/2023).

Iskandar menyebut, kondisi Kurniawan dalam keadaan sehat, kendati dia sempat mengalami penyekapan di sebuah apartemen milik agensi di Rusia. Disnaker Jember sendiri hingga kini belum bisa memastikan, kapan korban bisa pulang ke Jember sesuai harapan pihak keluarga.

Seperti diketahui, Kurniawan menjadi korban TPPO setelah dirinya berangkat ke Rusia tanpa prosedur sebagai pekerja migran. Ia pun masuk kategori korban perdagangan manusia yang bekerja secara ilegal.

Sebelumnya, Kurniawan viral di media sosial dengan membuat video pengakuan telah disekap dan sempat bekerja sejak setahun terakhir menjadi asisten rumah tangga tanpa dibayar. (Ulil)

(160 views)