Mulai Hari ini Hingga 10 Desember Warga Bisa Naik Angkot Gratis

Terhitung mulai hari ini, 10 November hingga 10 Desember 2022, masyarakat Jember bisa naik angkutan kota (angkot) secara gratis. Angkot gratis tersebut hanya beroperasi pada jam-jam tertentu.

Kepala Dinas Perhubungan Jember Agus Wijaya mengatakan, awalnya pihaknya merencanakan ada 165 angkot yang dapat memberikan layanan gratis. Namun, hingga batas akhir waktu, hanya ada 161 angkot yang memenuhi syarat. Diketahui, angkot yang memberikan layanan gratis kepada penumpang, sudah lulus uji KIR dan memiliki trayek tetap.

161 angkot gratis tersebut, dapat dinikmati masyarakat pada pukul 05.30 – 08.00 WIB dan pukul 13.00 sampai 16.00 WIB. Sementara masyarakat yang naik angkot di luar jam yang ditentukan, maka berlaku tarif normal.

Selain program angkot gratis, Dinas Perhubungan Jember juga memberikan bantuan BBM 500 ribu per bulan kepada 1.880 ojek online dan pangkalan. Bantuan BBM tersebut berlaku sejak hari ini hingga tanggal 5 Desember 2022.

Lebih jauh Agus berharap dengan adanya layanan angkot gratis tersebut, dapat mengurangi polusi dan menghemat energi. Karena memang salah satu tujuannya, masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan beralih dari transportasi pribadi ke transportasi publik.

(73 views)