Konjen Australia Jajaki Pengembangan Kerja Sama Antara Unej dengan Perguruan Tinggi di Australia

Konsul Jenderal (Konjen) Australia di Surabaya, Fiona Hoggart, melakukan penjajakan kerja sama Universitas Jember (Unej) dengan perguruan tinggi di Australia. Kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan minat Dosen dan Mahasiswa Unej, untuk kuliah di negeri kanguru ini. Karena sudah ada sekitar 50 Dosen Universitas Jember, lulusan Perguruan Tinggi Australia.

Fiona menjelaskan kedatangannya ke Universitas Jember, untuk melakukan percepatan kerja sama antara perguruan tinggi di Australia dengan Universitas Jember. Dengan demikian Rektor, Wakil Rektor, Dosen juga mahasiswa diharapkan dapat mengetahui secara langsung tentang sistem pendidikan pada perguruan tinggi di Australia.

Apalagi pada tahun 2023 ada peringatkan HUT Beasiswa ke 70, kerja sama pemerintah Indonesia dan Australia. Fiona berharap Dosen dan Mahasiswa bisa memanfaatkan program tersebut, sehingga lebih banyak, yang kuliah di Australia.

Fiona juga menyampaikan bahwa posisi Indonesia bagi Australia sangat strategis sebagai negara tetangga dekat dan mitra kerja sama utama. Australia dan Indonesia pada hakikatnya memiliki banyak kesamaan, di antaranya masyarakat Australia dan Indonesia merupakan negara multietnik yang tersusun dari beragam etnis, budaya, dan agama.

Sementara wakil Rektor 3, Profesor Bambang Kuswandi, menyambut baik tawaran kerja sama ini. Sebab, selama ini, kerja sama yang terjalin dengan pemerintah Australia, sifatnya antar Individu.

Sejauh ini udah ada 50 dosen Unej, yang tersebar di beberapa Fakultas dan jurusan di kampus Unej, lulusan Pascasarjana perguruan tinggi di Australia. Ke depan kerja sama tersebut akan lebih meningkat, antar lembaga perguruan tinggi di Australia dengan Unej, melalui Konjen Australia di Surabaya.

Australia menjadi pilihan, karena jaraknya lebih dekat, dibandingkan dengan Amerika Serikat atau Eropa. Penjajakan Kerja sama pertama akan dilakukan dengan Universitas Melbourne Australia, yang diinisiasi Dosen Fisip, Honest Dodi Molasi.

(65 views)