Cuaca Ekstrem Dalam Sepekan Terakhir, BPBD Jember Minta Warga Sekitar Rawan Longsor Waspada dan Berhati-hati

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, kembali mengingatkan untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem, yang terjadi dalam sepekan terakhir. Sebab, hujan deras yang disertai dengan angin kencang, berpotensi terjadinya bencana.

Seperti yang terjadi bencana alam, Senin, 7 November 2022 kemarin, yang menyebabkan puluhan pohon tumbang dan tanah longsor. BPBD Jember mencatat bencana tanah longsor dan pohon tumbang, Senin kemarin, terjadi di 7 Desa/Kelurahan, yang tersebar di 4 kecamatan di Kabupaten Jember.

Menurut Sekretaris BPBD Kabupaten Jember, Heru Widagdo, Ketujuh desa tersebut, yaitu Desa Sidomulyo Kecamatan Silo, Kelurahan Mangli dan Kelurahan Kaliwates Kecamatan Kaliwates, Desa Klompangan, Desa Panca Karya dan Desa Ajung Kecamatan Ajung. Selain itu Juga Desa Sumberejo, Kacamatan Ambulu.

Heru menjelaskan bencana tanah longsor dan pohon tumbang, akibat hujan dengan intensitas tinggi yang diikuti dengan angin kencang sekitar 2 hingga 3 jam. Peristiwa tersebut, menyebabkan kerusakan pada fasilitas umum, seperti jembatan dan jalan.

Selain itu, bencana tersebut juga menyebabkan kemacetan, khususnya akses jalan menuju Dusun Tanah Manis terputus. Bencana itu juga merusak fasilitas milik pribadi warga, seperti rumah dan tempat usaha, yang tersebar di 7 desa tersebut.

Bahkan, bencana longsor yang terjadi di Dusun Tanah Manis, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, menyebabkan seorang nenek bernama Tije, 70 tahun, meninggal dunia akibat tertimpa longsoran.

Pasca kejadian itu, BPBD Jember bersama para relawan bersama TNI, Polri, Dinas PU, berbagi tugas ke seluruh TKP tersebut, untuk membantu korban serta mengevakuasi material longsoran dan pohon tumbang. Selain itu juga berkoordinasi dengan PLN, bagi daerah, yang mengalami kerusakan pada sarana dan jaringan PLN Serta Dinas Sosial, untuk menyuplai makanan dan minuman siap saji.

Lebih jauh Heru Mengimbau masyarakat Jember, agar meningkatkan kewaspadaan saat terjadi hujan lebat disertai angin. Heru juga mengimbau warga memotong pohon di pinggir jalan atau dekat rumah, yang berpotensi tumbang.

(68 views)