Sengketa Pulau Pasir di NTT Tak Pengaruhi Hubungan Diplomatik Indonesia-Australia

Terkait sengketa Pulau Pasir Antara Warga NTT Dengan Pemerintah Australia, tidak mempengaruhi hubungan diplomatik Pemerintah Australia dengan Pemerintah Indonesia.

Demikian ditegaskan Konjen Australia untuk Indonesia, Fiona Hoggart, saat menjadi dosen tamu, dalam kuliah umum, di ruang Aula Serbaguna, Fisip Universitas Jember, Senin siang, 7 November 2022. Hal ini menanggapi pertanyaan seorang Mahasiswi, Paramitha, dalam sesi tanya jawab.

Mahasiswi Jurusan Hubungan Internasional ini, menanyakan sengketa antara warga Indonesia-Australia terkait Pulau Pasir di Selatan Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebab, warga Adat Laut Timor mengancam akan menuntut Canberra soal klaim atas pulau tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, ditegaskan bahwa potensi konflik antara pemerintah Australia dan Indonesia tidak ada. Informasi tersebut, hanya beredar di media sosial. Fiona Hoggart kembali menegaskan pentingnya Indonesia bagi Australia. 

Menurut Fiona, pemerintah Australia kini tengah fokus mengembangkan kerja sama internasional dengan berbasis pada geopolitik dan geostrategis.

Oleh karena itu Indonesia sebagai negara tetangga mendapatkan perhatian khusus. Hal ini terbukti Indonesia menjadi negara pertama, yang didatangi oleh Perdana Menteri Anthony Albanese setelah setengah bulan resmi dilantik. Kunjungan ini membuktikan pentingnya posisi Indonesia di mata Australia.

Beberapa bentuk kerjasama yang dibangun bersama negara-negara tetangga termasuk Indonesia saat ini adalah penelitian dan kerja sama penanganan dampak perubahan iklim, penggunaan energi terbaharukan dan teknologi yang ramah lingkungan. Tentunya saja perguruan tinggi mengambil peran di kerja sama tersebut.

Pantauan di lapangan, Kuliah tamu tersebut, mengambil tema, “Indonesia Australia Development Partnership” yang dimotori Laboratorium kajian politik dan kawasan Program studi hubungan Internasional Fisip Universitas Jember ini, mendapatkan perhatian antusias dari Mahasiswa. Bahkan Mahasiswa mendorong hubungan diplomatik antara kedua negara, yang bersahabat ini berjalan Harmonis.

(94 views)