Kendaraan yang Melebihi Muatan, Perusahaannya Akan Dipanggil

Kasus kecelakaan lalu lintas kendaraan yang kelebihan muatan (over capacity) masih kerap terjadi di Kabupaten Jember. Kasus terkini adalah tergulingnya truk over kapasitas di jalur Gumitir.

Kepala Satlantas Polres Jember, AKP Enggarani Laufria mengatakan, kecelakaan lalu lintas tersebut terjadi karena pemilik dan pengemudi terlalu acuh dan tidak mementingkan keselamatan diri dan orang lain. Selain itu mereka juga tidak mengindahkan imbauan-imbauan dari petugas.

Lebih lanjut Enggarani menyampaikan, pihak Satlantas sudah melakukan beberapa upaya pengimbauan pada roda empat atau lebih yang masuk dalam kategori overload. Yakni dengan mendatangi beberapa pelaku usaha atau perusahaan di wilayah Jember, yang mengharuskan kendaraan memuat dengan jumlah besar. Perusahaan-perusahaan tersebut sudah diminta agar muatan truk disesuaikan engan dimensi kendaraan dan kelas jalannya.

Lebih jauh Enggarani meminta pengemudi truk dengan muatan berlebih agar juga menghubungi perusahaannya. Agar pihak perusahaan mengirim kendaraan lain untuk menampung muatan sisanya.

(87 views)