Gumitir Longsor Lagi, Pengendara Sempat Tertahan di Kawasan Hutan Dari Sore Sampai Pagi

Antrean panjang sekitar 6 kilometer

Setelah bekerja keras selama 4 jam, akses lalu lintas Jember – Banyuwangi, akhirnya normal kembali, sekitar pukul 23.00 WIB, Minggu malam. Lamanya Proses evakuasi ini, karena tumpukan material longsoran cukup banyak serta adanya pohon raksasa, yang tumbang melintang di jalan raya.

Menurut Kapolsek Sempolan, AKP Suhartanto, akibat longsor dan pohon tumbang arus lalulintas Jember – Banyuwangi sempat macet total, sejak pukul setengah 6 sore. Akibatnya terjadi antrean panjang kendaraan dari 2 arah Jember dan Banyuwangi, sekitar 6 kilometer. Bahkan para pengendara sempat tertahan dan harus menginap di hutan sampai pagi.

Karena itu pihaknya bersama BPBD, TNI-Polri, petugas Perhutani serta sejumlah relawan bekerja keras mengevakuasi material longsoran, sejak pukul 6 sore. Akses lalulintas baru berhasil dibuka, secara manual sekitar pukul setengah 11 malam. 

Arus lalulintas baru benar-benar normal, setelah didatangkan alat berat sekitar pukul 11 malam. Dengan demikian, kepadatan arus lalulintas sedikit demi sedikit, bisa diurai. Karena panjangnya antrean kendaraan, pengendara harus rela pulang pagi hari.

Sementara salah seorang pengendara asal Bondowoso, Ahmad Rustam, terpaksa harus bermalam di tengah hutan sampai Senin pagi. Sebab, sudah terjebak macet, sejak pukul 6 sore. 

Meski demikian, kemacetan tidak membuat stres, karena kebetulan banyak teman-teman, semasa Sekolah MAN 1 Jember, berada di situ. Dia anggap sebagai reuni dan Camping di tengah hutan. Rustam mengaku baru tiba rumahnya, di Bondowoso sekitar pukul 3 pagi.

Diketahui, akibat hujan deras, yang disertai angin kencang, terjadi tanah longsor dan pohon tumbang di kawasan Gunung Gumitir Desa Sidomulyo Kecamatan, Minggu, 6 November 2022. 

Bahkan, Senin, 07 November 2022 siang tadi, kembali ada pohon beringin tumbang di Jl Nasional Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo. Namun, saat ini proses evakuasi pohon beringin itu sudah selesai, sehingga arus lalu lintas sudah normal kembali.

(74 views)