DMI Imbau Para Dai dan Khatib Jaga Netralitas di Tahun Politik

Para khatib dan dai muda Kabupaten Jember diimbau menjaga netralitas politik pada menyikapi Pilpres dan Pileg tahun 2014 mendatang. Imbauan tersebut disampaikan Ketua Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jember Hawari Hamim, usai acara bimbingan teknis khatib dan dai muda Jember, di Aula Universitas dr Soebandi, Minggu siang.

Kepada sejumlah wartawan Hawari mengatakan, PD DMI Jember bekerja sama dengan Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Jember memberikan bimtek wawasan kebangsaan kepada para khatib dan dai muda di Jember. Dengan bimtek tersebut, diharapkan mereka mampu menyampaikan ajaran Islam yang moderat, demi menjaga persatuan dalam bingkai kebinekaan. 

Sebab, ancaman kelompok intoleran di Kabupaten Jember saat ini masih cukup tinggi. Selain itu, menyikapi Pilpres dan pileg 2024 mendatang, Hawari mengimbau para dai dan khatib menjaga netralitas politiknya.

Meski demikian, Hawari tidak melarang para dai maupun takmir masjid terlibat dalam kampanye politik, dengan syarat status dai dan pengurus takmir mereka. Namun, karena status mereka sudah melekat, Hawari menyarankan lebih baik tidak terjun ke dunia politik praktis, agar masyarakat tidak resah dan kebingungan.

(41 views)