Angkat Isu Seksualitas, Film Mahasiswa Unej Tak Diloloskan Lembaga Sensor Film

Film Love That Way (LTW) karya Thareq Aziz, mahasiswa Program Studi Televisi dan Film Universitas Jember, sempat ramai diperbincangkan para sineas dan penikmat film Jember. Namun pada akhirnya, film karya mahasiswa angkatan 2015 itu tak lolos di Lembaga Sensor Film (LSF) Republik Indonesia.

Menurut Thareq, salah satu penyebab karyanya tidak lolos sensor, karena mengangkat tema seksualitas. Tema tersebut sebenarnya sudah disesuaikan dengan tugas akhir Thareq, dengan tujuan memberikan edukasi seksual kepada masyarakat.

Sebab, Thareq menilai edukasi seksual di Indonesia masih dianggap tabu. Bahkan, pembahasan mengenai seksualitas masih dianggap sebagai suatu hal yang menjijikkan. Sebenarnya, melalui film itu Thareq berharap penonton dapat memaknai ulang terkait orientasi seksual untuk menambah wawasan.

Sementara itu, Produser Film LTW, Gabriella Advani mengatakan, pihaknya beberapa kali mengalami kendala. Ia sempat melakukan audiensi dan mengajukan banding dengan memperhatikan catatan-catatan yang sudah dilampirkan dalam keterangan LSF.

Namun pihak LSF langsung menurunkan surat keterangan tidak lolos sensor dengan nomor resmi. Alasannya, bukan sekadar adegan dewasa, tapi secara keseluruhan cerita film yang memperlihatkan orientasi seksual yang dianggap menyimpang.

Karena itu, Gabriella meminta bantuan Universitas Jember untuk mempublikasikan pamflet film melalui videotron di Universitas. Sebab film tersebut adalah bagian dari karya civitas akademika.

(92 views)