Hanya Ada Satu Pos Penyekatan Pemudik di Jember

Meskipun Kabupaten Jember berbatasan dengan tiga kabupaten, namun hanya ada satu pos penyekatan pemudik selama larangan mudik mulai tanggal 6-17 Mei yang ditempatkan di perbatasan Jember-Lumajang. Demikian yang disampaikan Kapolres Jember, AKBP Arif Rahman Arifin.

Kepada sejumlah wartawan Arif menjelaskan, untuk Jawa Timur tedapat tujuh titik tempat masuknya orang dari luar Timur. Pemerintah menyiapkan pos penyekatan di 20 titik di Jawa Timur, termasuk salah satunya berada di perbatasan Jember-Lumajang.

Saat ditanya apakah warga Jember bebas keluar masuk ke Banyuwangi dan Bondowoso, Arif memastikan saat ini yang diantisipasi hanya warga dari luar provinsi yang masuk ke dalam provinsi Jawa Timur. Namun, melihat sempat adanya kenaikan kasus Covid-18 di Jawa Timur tidak menutup kemungkinan nanti Gubernur akan membuat kebijakan lebih lanjut.

Lebih jauh Arif menjelaskan, selama pemberlakuan larangan mudik nantinya setiap dari luar provinsi akan diminta putar balik. Kecuali warga yang memliki keperluan khusus, seperti ada keluarga yang mau melahirkan, orang tua meninggal dunia, dan tugas dinas dengan wajib membawa surat tugas.

(485 views)