Pemprov Minta Bupati Jember Segera Laksanakan Penjatuhan Sanksi Pelanggaran Disiplin ASN

Inspektorat pemprov Jawa Timur minta Bupati Jember Hendy Siswanto segera laksanakan penjatuhan sanksi disiplin terhadap sejumlah ASN pemkab Jember. Hal ini perlu dilakukan untuk mengembalikan marwah dan martabat Gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat. Demikian disampaikan Kepala Inspektorat pemprov Jawa Timur Helmy Perdana Putra.

Usai mengikuti serah terima jabatan bupati Jember di gedung DPRD Selasa siang Helmi mengatakan, memang seharusnya perintah Gubernur untuk penjatuhan sanksi disiplin dilaksanakan oleh Plt Bupati Muqiet Arief. Namun karena masa jabatannya saat itu sangat singkat, tidak cukup waktu bagi Plt bupati untuk melaksanakannya.

Helmy mengaku sudah berkoordinasi dengan bupati Jember Hendy Siswanto terkait penjatuhan sanksi tersebut. Pada peinsipnya bupati berkewajiban mengembalikan marwah dan martabat gubernur, sehingga bupati wajib melaksanakan perintah gubernur yang sempat mandek tersebut.

Sebelumnya Inspektorat pemprov Jawa Timur melakukan pemeriksaan terhadap kepala Bappekab Jember Imam Fauzi, dengan hasil Fauzi dinilai telah melakukan pelanggaran disiplin berat. Atas hasil tersebut Gubernur memerintahkan dijatuhkannya sanksi berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun.

 

 

 

 

 

(102 views)