Meski Terlambat, APBD Jember Harus Segera Dibahas

Meski saat ini pembahasan APBD sudah sangat terlambat, pemprov Jawa Timur minta bupati Jember segera berkoordinasi dan membahas APBD bersama DPRD Jember.

Kepala biro pemerintahan dan otonomi daerah pemprov Jawa Timur Jempin Marbun mengatakan, saat ini bupati Jember terpilih sudah dilantik. Selanjutnya bupati dan DPRD tinggal melakukan pembahasan APBD 2021. Meski terlambat APBD harus tetap dibahas agar keuangan daerah bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat.

Jempin berharap pembahasan APBD bisa menggunakan KUA PPAS yang sebelumnya sudah sempat diajukan ke DPRD, sehingga tinggal melanjutkan pembahasan R-APBD dan disahkan menjadi APBD. Sebab waktu yang ada sangat singkat, sehingga perlu dilakukan percepatan.

Sebelumnya DPRD Jember menolak melanjutkan pembahasan R-APBD 2021, karena surat pengantar KUA PPAS dikeluarkan oleh bupati 10 hari sebelum rencana kerja pemerintah daerah atau RKPD Pemprov disahkan Gubernur. Padahal sesuai aturan APBD kabupaten harus sesuai dengan RKPD Propinsi. Namun sayangnya bupati saat itu juga tidak bersedia memperbaharui pengantar KUA PPAS, sehingga sampai saat ini Jember belum memiliki perda APBD 2021.

 

(65 views)