Banyak Kebijakan Gubenur Tidak Dijalankan Di Jember

Kepala Inspektorat Propinsi Jawa Timur Helmy Pradana Putra menilai, banyak kebijakan gubernur Jawa Timur tidak dijalankan di Jember, bahkan terkesan memang sengaja tidak dijalankan.

Saat memberikan arahan normalisasi pemkab Jember kepada puluhan pejabat pemkab Senin pagi Helmi mengatakan, dirinya tidak ada kepentingan di Jember, selain untuk mengembalikan marwah dan kehormatan gubenur sebagai perwakilan pemerintah pusat.

Helmi mencontohkan pengangkatan Plt, padahal pejabat definitifnya masih ada dan dalam kondisi sehat wal afiat. Tetapi sengaja dicari-cari kesalahannya agar bisa mengangkat Plt. Padahal jelas kebijakan tersebut secara aturan salah, dan mendagri serta gubernur sudah menegur tetapi sengaja tidak dijalankan.

Helmi minta para pejabat yang sebelumnya diangkat sebagai Plt sadar. Helmi yakin para pejabat ini bukan orang bodoh, yang paham aturan-aturan sebagai ASN. Mestinya jika bupati melakukan kebijakan yang salah, diingatkan tentang aturan yang benar. Bukan malah didukung karena aji mumpung untuk menjadi pejabat eselon 2.

Saat ini Helmi minta seluruh pejabat tunduk dan patuh terhadap arahan Plh bupati, sampai bupati terpilih dilantik. Jika melawan satpol PP dipersilahkan bergerak. Tetapi jika masih juga melakukan perlawanan, aparat penegak hukum yang kebetulan juga hadir dalam forum tersebut, bisa melakukan proses hukum. Sebab kepala daerah baik bupati ataupun gubenur merupakan simbol negara, sehingga siapapun jika melawan bisa dipidana.

 

(75 views)