Debit Air Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada Banjir

Akibat hujan lebat yang terjadi hari Sabtu dan Minggu, debit air di sejumlah sungai mengalami peningkatan signifikan. Mengingat curah hujan tinggi diperkirakan masih akan terjadi beberapa hari kedepan, BPBD Jember minta masyarakat tetep waspada.

Kepala bidang logistik dan penanggulanagan bencana BPBD Jember Heru Widagdo menjelaskan, dampak hujan deras yang terjadi hari Sabtu dan Minggu kemarin, debit air sunga bedadung yang mengalir melalui Jompo meningkat drastis. Bahkan akibat derasnya arus sungai, alat berat proyek perbaikan Jompo sampai tenggelam.

Selain sungai bedadung, dari pantauan petugas dilapangan debit air sungai Wringinagung kencong dan sungai Tanggul yang terlihat dari Dam Pondok Waluh, pada Minggu malam permukaan air mencapai 270cm. Beruntung hingga saat ini belum ada laporan terjadinya kerugian.

Heru juga meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaannya, mengingat diperkirakan curah hujan di Jember akan terus meningkat. BPBD sendiri menurut Heru akan terus memantau perkembangan dari BMKG Juanda, yang melakukan update perkiraan cuaca setiap 6 jam sekali.

 

 

 

 

 

(202 views)