P21 Berkas Kasus Dugaan Money Politik Dilimpahkan Ke Kejaksaan

Berkas pemeriksaan kasus dugaan money politik terkait pilkada Jember, dengan tersangka warga desa Sukorejo Bangsalsari berinisial AZ dinyatakan lengkap, dan sudah diterima oleh kejaksaan negeri Jember Jumat pagi.

Kepala Kejaksaan Negeri Jember Prima Idwan Mariza, mengaku pihaknya sudah menerima berkas perkara dari penyidik kepolisian, terkait kasus dugaan Money Politik di desa Sukorejo Bangsalsari dengan tersangka berinsial AZ. Setelah dilakukan pemeriksaan, berkas dinyatakan lengkap atau P21, dan dilanjutkan dengan pelimpahan tahap 2 yaknI penyerahan tersangka dan barang bukti.

Tersangka AZ diduga melanggar pasal 187 A ayat 1 Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan kepala daerah. karena jaksa menilai berkas sudah lengkap dan barang bukti cukup lanjut Prima, saat ini pihaknya akan melanjutkan melakukan persiapan untuk dilakukan pelimpahan ke pengadilan negeri Jember.

Sementara komisioner Bawaslu Jember Dwi Endah Prasetyowati, membenarkan bahwa kasus ini semula ditangani Bawaslu. Setelah dilakukan kajian oleh Bawaslu, dilanjutkan dengan pembahasan di sentra Gakkumdu dengan kesimpulan memenuhi unsur pidana. Sehingga untuk proses selanjutnya ditangani oleh aparat penegak hukum.

Menjelang pelaksanaan pemungutan suara saat ini lanjut Endah, pihaknya bersama seluruh jajaran pengawas di tingkat bawah, akan lebih ketat lagi mengakukan pemantauan, khususnya di daerah yang menurut hasil pemetaan Bawaslu masuk kategori daerah rawan pelanggaran.

(227 views)