Puluhan Juta Uang Palsu dan Jutaan Okerbaya Dimusnahkan

 

Kejaksaan Negeri Jember Rabu pagi memusnahkan barang bukti berupa jutaan butir obat keras berbahaya dan 48 juta uang palsu dan barang bukti lainnya. Seluruh barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan barang bukti yang dari sudah memiliki kekuatan hukum sejak bulan Mei 2020.

Kepala Kejaksaan Negeri Jember Prima Idwan Mariza menjelaskan, pemusnahan ini merupakan bagian dari keterbukaan publik dan akuntabilitas kinerja Kejari Jember. Selain barang bukti ada yang dikembalikan kepada pemilik sah, sebagian barang bukti diperintahkan untuk dimusnahkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jember.

Kali ini Kejari Jember memusnahkan barang bukti lima juta butir okerbaya berbagai merk, uang palsu sebanyak 852 lembar senilai 48 juta, sabu seberat 208 gram,sejumlah alat hisab sabu, kartu atm, senjata tajam,dan barang bukti perkara pidana umum lainnya. Menurut Prima pemusnahan kali ini merupakan pemusnahan barang bukti terbanyak selama dua tahun terkahir.

Lebih jauh Prima menjelaskan, untuk barang bukti uang palsu tersebut merupakan kasus yang ditangani Polda Jatim yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Prima menghimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dan jeli setiap menerima uang. Sebab uang yang asli dan yang palsu sangat sulit dibedakan jika tidak diperhatikan dengan jeli.

(195 views)