Terdakwa Kasus Pasar Manggisan Serahkan Memori Banding Ke Pengadilan Tinggi Jawa Timur

 

Hari ini salahsatu terdakwa kasus dugaan korupsi pasar Manggisan Tanggul Mohammad Fariz, menyerahkan memori banding ke pengadilan tinggi Jawa Timur. Dalam memori banding tersebut ada beberapa hal dalam amar putusan yang menjadi poin keberatan terdakwa.

Zainal Abidin selaku kuasa hukun Fariz menjelaskan, pihaknya mencantumkan beberapa poin penting keberatan yang ada dalam amar putusan majelis hakim, serta unsur pasal yang dikenakan kepada kliennya. Padahal dalam fakta hukum yang terungkap dalam persidangan, kliennya hanya menjalankan perintah terdakwa Dodik yang merupakan atasannya.

Kliennya menurut Zainal, menjalankan perintah atasannya yakni terdakwa Dodik, yang sebelumnya membuat gambar perencanaan dan RAB proyek pasar manggisan. Kliennya juga sudah menjalankan perintahbtersebut sesuai dengan aturan pengadaan barang dan jasa, yakni efektif dan efisien.

Keberatan lainnya lanjut Zainal, terkait uang pengganti yang harus dibayarkan oleh kliennya. Dalam putusan yang disampaikan majelis hakim, kliennya diwajibkan membayar uang pengganti 92 juta rupiah. Namun dalam amar putusan tertulis uang pengganti sebesar 1,3 milyar, yang harus dibayar oleh kliennya bersama terdakwa Dodik.

 

 

 

(358 views)