10 Tahun Menjadi DPO, Terpidana Kasus P2SEM Ditangkap di Ambulu

korupsi

Setelah 10 tahun dalam pelarian, Ahmad Fauzi Zamroni warga desa Karang Anyar Ambulu, salahsatu terpidana kasus korupsi Progam Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat atau P2SEM, Selasa pagi ditangkap di rumahnya.

Kepala seksi Intelejen kejaksaan negeri Jember Agus Budiarto melalui telefon selularnya, membenarkan penangkapan tersebut. Agus menjelaskan, pihaknya dalam hal ini hanya mendampingi proses eksekusi, yang dilakukan oleh tim pidsus dan intel kejaksaan negeri Surabaya, terhadap Terpidana kasus P2SEM yang sudah berkekuatan hukum tetap.

Vonis pengadilan menurut Agus, sudah dikeluarkan tahun 2010 lalu dengan putusan 6 tahun penjara, denda 50 juta dan uang pengganti sebesar 415 jita rupiah. Namun saat dipanggil untuk eksekusi, ternyata yang bersangkutan kabur sehingga masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO. Baru hari ini sekitar jam 06.00, berhasil di tangkap di rumahnya di Ambulu.

P2SEM merupakan progam hibah bansos pemprov Jawa timur senilai 200 miluar rupiah lebih, yang di gelontorkan tahun 2008 lalu. Terpidana Ahmad Fauzi ZamronI, terlibat korupsi dalam penyaluran P2SEM kepada panitia gerakan Surabaya kesehatan dan pengabdian masyarakat.

Fauzi ditangkap setelah sempat 10 tahun berpindah-pindah tempat dari kota ke kota lain bahkan keluar pulau Jawa. Sampai berita ini diturunkan, Fauzi Zamroni masih berada di kantor Kejari Jember untuk menyelesaikan proses Administrasi, sebelum nantinya di serahkan ke Lapas klas IIA Jember.

(493 views)