Pencetakan Mandiri Dokumen Kependudukan Tidak hanya Berlaku Untuk KK

Pencetakan mandiri dokumen kependudukan menggunakan kertas HVS 80 gram ternyata bukan hanya untuk kartu keluarga, tetapi juga berlaku untuk sejumlah akta kependudukan seperti akta kelahiran, kematian, perceraian dan lainnya.

Kasi perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan kewarganegaraan Dispenduk Capil Jember Amirullah menjelaskan, ada 6 jenis akta kependudukan yang sudah bisa dicetak sendiri oleh masyarakat. Diantaranya akta kematian, kelahiran, perkawinan dan perceraian. Dokumen akta akan dikirim oleh dispenduk langsung ke email pemohon.

Bahkan lanjut Amir, oermohonan berkas bisa dilakukan melalui oesan whatsapp di nomor yang sudah disediakan Dispenduk. Namun khusus untuk akta kematian dan perkawinan, pemohon harus datang langsung ke kantor Dispenduk, karena ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Meski demikian untuk akta yang sudah jadi bisa dicetak sendiri di rumah masing-masing.

Lebih jauh Amir menjelaskan, pencetakan dokumen kependudukan secara mandiri dengan memggunakan kertas HVS 80 gram diatur dalam Permendagri, dan sudah diberlakukan di seluruh Dispenduk Capil se Indonesia. Diharapkan dengan mekanisme ini dapat mengurangi anteian masyarakat di kantor Dispenduk, terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini.

(548 views)